Rabu, 20 Februari 2013

Siap-siap Implementasi ASEAN Economic Community (AEC) Tahun 2015

Menyongsong implementasi Asean Economic Community (AEC) tahun 2015 yang lebih banyak mengusung pasar tunggal dan kesetaraan. Kita harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM), bagaimana agar mereka qualified, sehingga SDM kita bisa bersaing dengan SDM dari negara-negara Asean yang lain, karena saat integrasi ekonomi Asean diberlakukan nanti, tenaga kerja dari negara-negara lain di Asean bisa bebas bekerja di Indonesia. Sebaliknya, tenaga kerja Indonesia (TKI) juga bisa bebas bekerja di negara-negara lain di Asean. Jadi, SDM kita harus benar-benar disiapkan.

Selain menyiapkan SDM berdaya saing tinggi, kita perlu meningkatkan daya saing produk kita baik dari hasil industri manufactur maupun pertanian kita, jika daya saing kedua sektor ini rendah pasar domestik akan terus dibanjiri produk impor.

Bila pemerintah, pengusaha, dan segenap pemangku kepentingan bersatu dalam menghadapi integrasi ekonomi Asean, niscaya kita akan tampil sebagai pemenang. Kita harus optimistis bahwa Masyarakat Ekonomi Asean adalah sebuah peluang emas, bukan ancaman yang perlu ditakuti...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar